Friday, July 18, 2014

Cara Menyiasati Hutang Kartu Kredit

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat kadangkala membuat kita cukup pusing untuk mengatur keuangan. Harga sembako, tagihan listrik, air, telepon, TV kabel berlangganan semakin naik tiap tahunnya dan membuat hutang menumpuk. Apakah saat ini Anda sedang menghadapi berbagai hutang kartu kredit? Jangan pusing dulu, karena ada tips kartu kredit yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati hutang kartu kredit. Ikuti tips kartu kredit sederhana berikut ini:

Tips Kartu Kredit 1: Jauhkan Jangkauan Kartu Kredit
Simpan saja satu buah kartu kredit Anda di tempat yang aman namun tak mudah dijangkau. Mengapa demikian? Karena dengan meletakkannya di tempat yang sulit dijangkau dapat membuat Anda cukup malas untuk menggunakannya. Misalnya, simpan kartu kredit Anda di dalam berangkas yang memang perlu usaha ekstra untuk mengambilnya. Dengan begitu, Anda jadi berpikir dua kali untuk menggunakannya kan?

Tips Kartu Kredit 2: Bernegosiasi dengan Pihak Bank
Pegang telepon dan hubungi pihak bank untuk meminta mengurangi besarnya bunga kartu kredit Anda. Membayar tagihan tepat waktu akan jadi menguntungkan bagi Anda, namun jika pihak bank menolak, cobalah hubungi bank beberapa bulan lagi. Sementara Anda berusaha membujuk pihak penerbit kartu kredit agar menurunkan bunganya, tetap tahan diri Anda untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit tersebut.

Tips Kartu Kredit 3: Rancanglah Budget
Tak ada lagi membeli sepatu, tas, atau baju baru hanya karena kalap mata dan ingin menambah koleksi. Sebisa mungkin tahan diri Anda untuk menahan berbagai pengeluaran yang membuat Anda berhutang via kartu kredit. Rancanglah budget seberapa besar pos kebutuhan pokok, pos hura-hura, dan pos hutang. Tetapkan niat untuk mematuhi aturan yang Anda buat sendiri ini.

Tips Kartu Kredit 4: Lunaskan Semua Hutang

Jika Anda memiliki hutang, membayarnya adalah mutlak harus Anda lakukan saat ini. Bayar lunas semua tagihan mulai dari yang paling mendesak sampai yang bisa dibayar belakangan. Tips kartu kredit yang harus Anda ingat: Pastikan satu persatu cicilan hutang kartu kredit dibayar hingga semua hutang lunas. Dengan begitu, hutang kartu kredit tak akan lagi membebani hidup Anda. (MW)

No comments:

Post a Comment