Friday, July 25, 2014

Kartu Kredit jadi Hutang Bermanfaat

Banyak masyarakat masih tak paham tentang siasat untuk mendapatkan manfaat kartu kredit sehingga pada akhirnya terjebak jeratan hutang yang besar. Masyarakat, termasuk Anda juga, mungkin belum paham mengenai hitungan bunga berbunga yang bisa menyebabkan tagihan melonjak dan manfaat kartu kredit yang baik sesungguhnya.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa manfaat kartu kredit sangat berkaitan dengan memberikan kesempatan bagi para pemegangnya untuk berhutang. Bagi Anda pemegang kartu kredit, hutang adalah konsekuensi utama yang bisa datang setiap waktu. Anda tentu tak bisa membayangkan jika hidup Anda terjerang hutang, bukan? Kemudian Anda akan dikejar-kejar oleh debt collector atau penagih utang dan bayang-bayang akan tagihan atau tunggakan kartu kredit yang tinggi.

kartu kredit
Sebenarnya manfaat kartu kredit yang memberi peluang Anda untuk memiliki hutang tidaklah begitu menyeramkan dan bukanlah akhir dari hidup Anda. Itu semua tergantung bagaimana Anda memaksimalkan manfaat kartu kredit dalam menghadapi situasi seperti ini. Fokuslah pada pembayaran hutang, yakin bahwa Anda bisa melunasi hutang ini dengan segera. Dengan demikian, Anda termotivasi untuk menyelesaikan hutang tersebut.

Akan tetapi, jika Anda masih memegang kartu kredit dan ingin terhindar dari manfaat kartu kredit yang membuat Anda terjebak dalam hutang, maka Anda harus menggunakannya dengan cara bijak. Ingatlah jangan sampai “lebih besar pasak daripada tiang”. Lalu bagaimana agar manfaat kartu kredit benar-benar maksimal dan tak akan menyusahkan Anda sendiri ke depannya? Salah satu trik sederhananya adalah Anda harus berkomitmen pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan menggunakan kartu kredit secara berlebihan.

Beberapa orang mengelompokkan kartu kredit mereka untuk kebutuhan hura-hura, kebutuhan bulanan, dan kebutuhan lainnya. Masing-masing manfaat kartu kredit digunakan sesuai dengan kelompok tersebut. Untuk itu Anda perlu berkomitmen pada diri sendiri agar menggunakan kartu kredit sesuai dengan ‘jalur’ yang sudah Anda sendiri tentukan. Tentu saja kartu kredit digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan, bukan? Perlu diperhatikan juga jenis kartu kredit yang Anda miliki, apakah jenis kartu kredit reguler atau kartu kredit platinum, karena itu akan mempengaruhi besarnya tagihan Anda. (MW)


No comments:

Post a Comment