Monday, September 22, 2014

Tips Bebas Pembobolan Kartu Kredit

Meskipun belanja online lebih nyaman menggunakan kartu kredit, tetap saja keamanan menggunakan kartu kredit perlu diberi pengawasan ekstra. Simak tips kartu kredit berikut ini agar tak dibobol pelaku kejahatan:

Tips Kartu Kredit 1: Pemilihan Password dan Username
Password dan username seharusnya menjadi keamanan utama dalam kepemilikan kartu kredit. Beberapa layanan pembelian seperti maskapai penerbangan atau jual beli online bahkan memiliki fasilitas untuk mengingat nomor kartu kredit dan nomor rahasia tersebut. Di sisi lain, password dan username mengundang bahaya jika hendak diretas oleh para pelaku kejahatan. Oleh karena itu, pemilihan username dan password menjadi sesuatu yang penting dalam transaksi. Agar lebih aman, tips kartu kredit –nya: gantilah password Anda minimal satu bulan sekali dan usahakan password tidak terdiri dari tanggal lahir, nomor telepon, nomor handphone atau beberapa digit angka yang sama milik Anda. Kombinasi angka dan huruf adalah yang terbaik untuk password Anda.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Penggunaan Chip pada Kartu Kredit 
Magnet merupakan elemen penting untuk mendeteksi kartu kredit di mesin pembayaran pada pusat perbelanjaan. Seiring berkembangnya jaman,  penggunaan chip membuat tingkat keamanan kartu kredit semakin tinggi karena cukup susah untuk diretas. Jika Anda ingin tahu apakah kartu kredit Anda memakai chip atau magnet, Anda bisa menanyakannya kepada pihak bank.

Tips Kartu Kredit 3: Hindari Penggunaan Koneksi Wifi
Transaksi yang dilakukan dengan jaringan WiFi atau internet tanpa kabel dapat membahayakan kartu kredit Anda. Seringkali modus yang dilakukan para penjahat adalah merekam nomor kartu kredit serta nomor rahasia korbannya. Karena tak ada jaminan bahwa jaringan WiFi tersebut tak merekam data-data penting Anda, tips kartu kredit –nya: jangan sekali-kali melakukan transaksi kartu kredit dengan jaringan WiFi di tempat umum.

Tips Kartu Kredit 4: Hindari Membuka Situs Sembarangan
Banyak situs yang dijadikan akses oleh para pelaku kejahatan untuk merekam banyak data nasabah melalui IP Address. Tips kartu kredit yang harus Anda ingat: berhati-hatilah membuka sebuah website, karena hanya dengan sekali klik, kartu kredit Anda terancam keamanannya. (MW)

No comments:

Post a Comment