Friday, October 31, 2014

Tips Kartu Kredit agar Efektif

Penggunaan kartu kredit sudah menjadi hal yang biasa dan bahkan menjadi gaya hidup para sosialista. Simak tips kartu kredit berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk memakainya.

Tips Kartu Kredit 1: Cari informasi sebanyak mungkin tentang bank atau perusahaan penerbit kartu. Dalam hal ini, agar Anda tidak terjerat masalah utang nantinya, Anda harus bijak memilih bank penerbit kartu. Pilih bank yang memberikan penawaran bunga paling rendah serta iuran tahunan atau bulanan yang tidak memberatkan. Selain itu, lihat pula fitur- fitur tambahan yang ada pada kartu kredit yang menguntungkan.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Bayar penuh tagihan. Ingatlah untuk selalu membayar tagihan secara penuh. Meskipun bank memberikan keringanan membayar, tagihan minimum 10 % setiap bulannya, namun jika Anda hanya membayar jumlah minimum tersebut, maka Anda akan terkena bunga sekitar 3, 5 %. Inilah biasanya yang membuat orang terlena dan terjerat utang.

Tips Kartu Kredit 3: Perhatikan masalah jatuh tempo. Membayar sebelum jatuh tempo sangat penting. Hal ini untuk menghindari kemungkinan Anda lupa membayar tagihan dikarenakan kesibukan. Jika sampai terlambat, maka Anda akan dikenai biaya keterlambatan (late charge).

Tips Kartu Kredit 4: Perhatikan cara pembayaran. Jika ternyata Anda terpaksa untuk membayar melalui ATM yang berbeda dengan bank penerbit kartu, perlu diingat akan ada proses kliring yang memakan waktu 2- 3 hari sebelum pembayaran tersebut masuk ke bank.

Tips Kartu Kredit 5: Batas maksimal pemakaian. Batasilah pemakaian kartu maksimal 25 % dari aset tabungan atau deposito Anda agar tidak terjerat masalah di kemudian hari.

Tips Kartu Kredit 6: Pengambilan ATM. Sebaiknya, hindari melakukan tarik tunai dari ATM. Sebab, bunganya  akan lebih besar dibandingkan dengan bunga belanja. Selain itu, kita juga akan dikenai biaya setiap penarikan tunai tersebut.

Tips Kartu Kredit 7: Cukup dua kartu. Batasi kepemilikan kartu kredit hanya sebanyak dua kartu saja. Sehingga, akan lebih mudah dalam mengelolanya dan juga terhindar dari godaan menggesek kartu secara berlebihan. (MW)

No comments:

Post a Comment