Wednesday, December 24, 2014

Kartu Kredit Pintar Kontrol Keuangan

Penggunaan kartu kredit harus diatur agar keuangan Anda tetap aman. Misalnya, Anda saat ini memiliki pendapatan sebesar Rp 5 juta, berarti dana yang harus dialokasikan untuk membayar tagihan kartu kredit sebesar Rp 1,5 juta. Artinya, sebaiknya dalam menggunakan kartu kredit jangan sampai lebih dari Rp 1,5 juta per bulannya, belum termasuk pengeluaran lainnya. Sehingga, Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda dan penggunaan kartu kredit Anda. Dengan begitu, Anda sudah tidak khawatir lagi akan ketidakmampuan melunasi seluruh tagihan setiap bulannya.

kartu kredit
Tetapi Anda perlu ingat bahwa Rp 1,5 juta tersebut belum termasuk pengeluaran Anda yang lainnya. Oleh sebab itu Anda harus lebih ketat lagi dalam mengontrol pengeluaran Anda. Caranya adalah bagilah pos- pos pengeluaran Anda menjadi beberapa kategori. Kategorinya adalah tabungan, makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, pendidikan, kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan sehari- hari, transportasi, pajak, hiburan, pembayaran kartu kredit, dan pengeluaran lain- lain. 

Seandainya biaya perumahan Anda sebesar Rp 500.000 dan pembayaran kartu kredit sebesar Rp 1,5 juta, maka jumlah pengeluaran rutin Anda adalah sebesar Rp 2 juta. Berarti Anda masih memiliki sisa sebesar Rp 3 juta untuk jatah pengeluaran untuk pos lainnya.

Yang perlu Anda ingat adalah total pengeluaran tidak boleh melebihi total pendapatan Anda. Artinya, apabila pendapatan Anda tadi sebesar Rp 5 juta berarti pengeluaran Anda pun tidak boleh lebih dari Rp 5 juta. Oleh karena itu, buatlah “anggaran pendapatan dan belanja” Anda. Walaupun anggaran tersebut hanyalah berupa rencana. Tetapi, kalau perencanaan itu sudah jelas dan pasti, Anda harus disiplin dalam menjalankannya. Mungkin Anda akan merasakan beberapa hal yang kurang enak, seperti Anda harus mengurangi jalan- jalan agar anggaran hiburannya tetap on budget, dan lain- lain. Namun, Anda harus tetap disiplin.

Itulah salah satu tips untuk terhindar dari hutang kartu kredit. Dan jangan  menambah hutang Anda pada kartu kredit. Gunakan kartu untuk berhutang dengan bijaksana dan cerdas agar pengeluaran Anda tetap terkontrol. (MW)

No comments:

Post a Comment