Thursday, December 4, 2014

Kartu Plastik Untuk Berhutang

Jika Anda ditanya, apa yang dimaksud dengan kartu kredit? Atau apa definisi dari kartu untuk berhutang tersebut? Bisa jadi, tidak semua dari Anda yang memiliki dan menggunakan kartu tersebut tahu jawabannya. Mungkin yang Anda tahu adalah bahwa kartu kredit itu merupakan sebuah kartu yang multifungsi, yaitu bisa membayar tagihan listrik, telepon, pulsa, belanja, dan masih banyak lagi. Tidak salah memang jika Anda mengetahui hanya sebatas itu. Akan tetapi, sebagai pengguna kartu kredit, alangkah bijaknya jika Anda mengetahui secara detail yang dimaksud dengan kartu tersebut.

Lalu apakah kartu kredit itu?
Menurut Aep S. Hamidin, kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang simpel, efisien, dan memberikan nilai lebih bagi pemegang kartu. Kartu ini merupakan jenis penyelesaian transaksi ritel yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan dalam membayar suatu transaksi. Dalam dunia usaha, kartu kredit merupakan sebuah bentuk pinjaman yang berasal dari kepercayaan dari terpinjam (dalam hal ini lembaga bank atau lembaga keuangan lainnya) terhadap peminjam karena mempunyai sikap amanah serta jujur.
kartu kredit

Oleh karena itu, ia memberikan dana dalam bentuk pinjaman untuk dibayar secara tertunda. Dengan kartu kredit, transaksi Anda akan ditalangi terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu. Setiap bulannya, Anda harus membayar tagihan dari jumlah pemakaian berupa transaksi yang Anda lakukan terhadap kartu tersebut.

Menurut referensi lain, kartu merupakan kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang diberikan kepada nasabah untuk dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan pengambilan uang tunai. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kartu kredit diterbitkan oleh bank atau lembaga pembiayaan. Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran di tempat- tempat tertentu tempat bank mengikat perjanjian, seperti supermarket, pasar swalayan, mini market, hotel, restoran, dan tempat- tempat lainnya. Setelah Anda mengetahui tentang kartu untuk berhutang ini, satu hal yang harus Anda ingat adalah agar tetap bijaksana setiap kali menggunakannya. (MW)

No comments:

Post a Comment