Wednesday, December 3, 2014

Pengganti Uang Tunai Kartu Kredit

Jangan sampai Anda beranggapan bahwa kartu kredit adalah alat untuk berhutang, tetapi berpikirlah bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran tanpa uang tunai. Anda harus sadar, fungsi kartu kredit adalah sebagai pengganti sementara uang tunai. Dan sebisa mungkin lunasi setiap tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Beberapa tips kartu kredit di bawah ini bisa Anda terapkan agar keuangan Anda tetap aman:

Tips kartu kredit 1: Satu Kartu Terasa Cukup
Jangan memaksakan diri untuk memiliki kartu kredit lebih dari satu atau banyak. Karena jika hanya sebatas gaya- gayaan dan tidak bisa mengontrol pengeluaran maka ini merupakan jalan masuk menuju jeratan hutang kartu kredit. Satu kartu, kalau fungsinya benar- benar digunakan dengan baik maka Anda akan merasakan manfaat dari kartu kredit. Di samping itu, jika Anda hanya memiliki satu kartu, maka Anda pun tidak terlalu berat untuk menutupi tagihan setiap bulannya.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Bawalah Kartu Kredit Seperlunya
Sebaiknya membawa kartu kredit jika diperlukan saja. Tips kartu kredit yang perlu diingat adalah jika dibawa sebisa mungkin Anda memang sudah ada rencana untuk berbelanja. Tidak perlu dibawa setiap hari dan semuanya dibawa (bagi yang memiliki kartu kredit banyak). Simpanlah di rumah ketika Anda memang tidak ada rencana untuk berbelanja. Dengan begitu Anda sudah berusaha untuk mengurangi resiko belanja tanpa perencanaan. Di samping itu juga, Anda akan sedikit terhindar dari resiko hilangnya dompet karena keteledoran Anda atau memang karena kejahatan.

Tips Kartu Kredit 3: Jangan Menunda Klaim
Periksalah laporan statement kredit Anda setiap bulan. Bila ada angka yang meragukan atau tidak dikenal, segera adukan ke perusahaan pengelolanya. Jangan ditunda- tunda.

Tips Kartu Kredit 4: Hati- Hati Cash Advance
Upayakan jangan terlalu sering mengambil cash advance yang bunganya cukup tinggi dalam sekali pengambilan. Ya, bunganya biasanya lebih besar dibandingkan dengan bunga bulanan angsuran kredit Anda. Cash advance itu hanya dilakukan pada saat darurat saja. Tips kartu kredit yang bisa dilakukan adalah dalam kondisi normal, lebih baik Anda secara tunai atau mengambil uang cash dengan kartu debit Anda karena lebih murah. (MW) 

No comments:

Post a Comment