Friday, January 16, 2015

Dunia Khusus Kartu Kredit

Belanja sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia. Masa- masa sale atau diskon besar- besaran tentu akan dimanfaatkan sebaik- baiknya oleh para penggila belanja. Tak hanya membayar dengan uang tunai atau kartu debit, transaksi dengan menggunakan kartu kredit sudah sangat umum digunakan di masyarakat Indonesia. Apa saja istilah- istilah dalam menggunakan kartu berhutang tersebut yang perlu Anda ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tagihan Baru
Tagihan baru, yaitu jumlah total semua tagihan sesuai dengan transaksi baru yang telah Anda lakukan.

kartu kredit
2. Saldo Lama
Saldo lama adalah total jumlah tagihan Anda pada bulan sebelumnya.

3. Saldo Baru
Saldo baru adalah jumlah yang harus Anda bayar. Saldo baru yang diperoleh dari jumlah saldo lama dikurangi dengan total pembayaran yang telah Anda lakukan dan ditambahkan dengan total tagihan baru.

4. Interest atau Bunga
Interest atau bunga adalah jumlah bunga yang dihitung dari total tagihan apabila Anda tidak membayar penuh.

5. Biaya Administrasi
Ada beberapa biaya administrasi yang harus Anda bayar, di antaranya materai, biaya late charge (timbul akibat tidak membayar tepat waktu), dan biaya over limit (biaya yang dikenakan karena transaksi Anda melampaui batas kredit kartu kredit)

6. Batas Pengambilan Uang Tunai
Batas pengambilan uang tunai adalah jumlah maksimum pengambilan uang tunai menggunakan kartu kredit di mesin ATM. Anda dapat mengambil uang tunai melalui ATM dengan kartu kredit Anda, tetapi biasanya bank memberi batasan sekitar 70- 80 % dari total limit kartu kredit Anda.

7. Personal Loan
Personal loan adalah pinjaman dana yang diperuntukkan kepada perorangan yang digunakan untuk keperluan apa pun dan tanpa jaminan.

Itulah beberapa istilah yang perlu Anda ketahui karena sering digunakan dalam kartu kredit. Bunga kartu kredit memang cukup fluktuatif, namun rata- rata adalah sebesar 4 % per bulan atau 48 % per tahun. Dan jangan lup bahwa bunga tersebut dihitung dari besarnya penggunaan kartu kredit awal. Tertarik memiliki kartu kredit? (MW)

No comments:

Post a Comment