Thursday, May 28, 2015

Buaian 'Dosa' Kartu Kredit

Salah satu dilema para wanita selain percintaan dan sale season, adalah penggunaan kartu kredit. Untuk sebagian orang, kehadirannya sangat membantu dan bermanfaat. Namun, berhati- hatilah jika salah dalam menggunakannya dapat mendatangkan masalah bagi Anda. Anda ingin makan di restoran mewah atau membeli barang- barang mahal tapi tidak membawa uang tunai atau ingin menikmati fasilitas cicilan dan diskon yang menggiurkan? Tidak perlu khawatir, cukup dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat langsung menikmati apa yang Anda inginkan. As easy as it’s get.

kartu kredit
Kartu kredit merupakan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu plastik ber-chip yang diterbitkan oleh sebuah bank, yang dapat memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk melakukan transaksi pembayaran maupun pembelian barang ataupun jasa secara kredit, serta dapat digunakan untuk menarik tunai sejumlah uang. Setiap pengguna mempunyai limit kredit yang berbeda- beda, sesuai dengan kebijaksanaan dari bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk membaca dan memahami ketentuan dan persyaratan yang tertera dalam perjanjian, yang sama dengan kontrak antara Anda dan bank penerbit kartu. Pahami hak- hak Anda sebagai pemegang kartu dan jenis- jenis perlindungan atau pembebasan kewajiban yang diberikan oleh bank penerbit. Hal ini biasanya tidak diindahkan oleh para pemegang kartu kredit.

Selain keuntungan tersebut, kartu kredit juga dapat menjadi petaka bagi Anda yang menggunakannya secara berlebihan dan tidak bertanggung jawab. Karena jika tagihan kredit tersebut melebihi dari anggaran belanja Anda dan Anda tidak dapat membayarnya ataupun hanya dapat menyicil pembayaran tersebut, maka akan mengakibatkan semakin besar tagihan yang harus Anda bayarkan. Hal ini disebabkan pada saat menerbitkan kartu kredit, sebuah bank biasanya memberlakukan suku bunga yang tinggi. Rata- rata suku bunga yang diberikan adalah sekitar 2, 95 % – 3, 5 % per bulannya. Anda bisa bayangkan berapa besar bunga yang harus Anda bayarkan dalam setahun jika Anda hanya dapat menyicil pembayaran dari limit kredit yang Anda pakai. (MW)

No comments:

Post a Comment