Saturday, January 16, 2016

Bayar Tagihan Kartu Kredit ke Bank atau ATM

Kalau kita menggunakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit, jangan terlena bahwa seolah-olah apa yang kita makan atau yang kita belanjakan hari itu adalah gratis, karena kita tidak mengeluarkan uang sedikit pun. Inilah yang seringkali membuat pengguna kartu kredit benar- benar terlena.

kartu kredit
Terus- menerus menggunakan kartu kredit sampai limit terakhir untuk belanja sehari-hari tanpa kontrol akan berakibat pada munculnya perasaan berat ketika harus melunasi tagihan pada bulan berikutnya.

Dalam aplikasi permohonan penerbitan kartu kredit yang ditandatangani pemohon, tercantum bahwa pembayaran kartu kredit harus dilaksanakan paling lambat tanggal 10, 15, atau tanggal 20 pada bulan berikutnya. Kesepakatan tertulis ini benar- benar dijadikan dasar oleh bank penerbit kartu kredit untuk selalu memantau aktivitas pembayaran pemilik kartu kredit. Sebut saja, ketika tanggal jatuh tempo pembayarannya adalah tanggal 20 maka mulai pada tanggal 15, petugas bank penerbit kartu kredit sudah mulai aktif mengingatkan pemilik kartu kredit untuk tidak lupa membayar tagihannya.

Begitu memasuki tanggal 19 dan tanggal 20, petugas dengan tegas akan mengingatkan pemilik kartu kredit untuk segera membayarnya. Apabila tanggal 20 pemilik kartu kredit masih belum juga membayarnya, seringkali petugas dari bank penerbit kartu kredit masih memberi kelonggaran selama 1x24 jam dari tanggal jatuh tempo, dengan masih terus aktif mengingatkan agar segera membayarnya.

Pembayaran tagihan kartu kredit bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

Setoran Tunai di Kasir Bank Terdekat
Cara pembayaran tagihan kartu kredit dengan datang langsung ke kasir dan menyetorkan uang tunai adalah yang paling umum dan boleh dikatakan sangat konvensional. Cara ini telah banyak digunakan nasabah pemegang kartu kredit yang masih awam tentan smartnya dunia perbankan di Indonesia. Bahkan, pembayaran melalui kasir bank yang berbeda dari bank penerbit kartu kredit pun bisa dilayani dengan kompensasi adanya biaya administrasi sebesar biaya transfer antar bank.

Transfer via ATM
Selain pembayaran berupa setor tunai, ada pula cara lain dengan melakukan transfer via ATM. Hampir semua ATM telah difasilitasi menu pembayaran semua jenis kartu kredit. Misalnya, ATM Bank BCA bisa digunakan untuk membayar kartu kredit Bank ANZ, Bank Danamon, Bank UOB Buana, dan lain-lain. Di mata bank penerbit kartu kredit, cara pembayaran dengan ATM yang saling terintegrasi ini merupakan kemudahan yang diberikan bank penerbit kepada pemegang kartu kredit dalam hal pembayaran tagihan kartu kredit. Jadi, seyogianya tidak ada lagi alasan terlambat membayar kartu kredit karena tidak tahu bagaimana caranya membayar tagihan tersebut. (MW)

No comments:

Post a Comment